walady

cignus:
apakah gaya coulomb itu gaya grafitasi ya? abis rumusnya hampir samakan ato mang sama
klo gaya grafitasi = gaya coulomb berarti yg diitung itungan listrik itu gaya grafitasi ya

bedanya apa siiiiih?

biobio:
gaya coulomb intinya hubungan gaya antar dua titik bermedan listrik…muatan disimbolkan sebagai q1 dan q2 dan jarak disimbolkan sebagai r….rumusnya F=(k.qi.q2)/r^2, dengan k adalah konstanta bernilai 9 x 109 N m2 C–2 ato kadang bisa diganti juga dengan k=1/(4.pi.ε0)… sedangkan ε0 adalah permitivitas ruang hampa yang besarnya 8,85 x 10–12 C2 N–1 m–2… itu tadi buat dua titik muatan…kalo banyak,bisa pake vektor..

superstring39:
kalo dibilang gaya coulomb itu sama dengan gaya gravitasi ya enggak tepat. tapi kalo dibilang analogi satu sama lain bisa. memang dilihat dari rumusnya mirip bener cuma ada bedanya, kalo rumus gaya gravitasi ada tanda negatifnya, artinya gayanya selalu tarik menarik, kalo gaya coulomb enggak ada karena ada dua jenis muatan negatif dan positif, jika perkalian kedua jenis muatan yang berinteraksi sama dengan negatif maka akan tarik menarik namun jika hasil kalinya positif maka akan tolak menolak. gitu 8)

HyawehHoshikawa:
Rumusnya sih sama, tapi tinjauannya berbeda, gaya elektrostatis itu ninjau muatan, gaya gravitasi ninjau massa,
jadi misal di kimia ada simbol
itu berarti proton muatan(listrik)nya 1 massanya juga 1(sma ato satuan massa atom) CMIIW

itu elektron ga punya massa(1/1000nya proton jadi bisa diabaikan) tapi muatanya -1

netron ga punya muatan tapi massanya ampir sama ama proton

ksatriabajuhitam:
inverse square law force…

gaya gravitasi dan gaya listrik termasuk gaya fundamental,
gaya fundamental (saat ini) : grafitasi, elektromagnetik, nuklir lemah, nuklir kuat

source: http://hyperphysics.phy-astr.gsu.edu/hbase/forces/funfor.html

dulu gaya listrik dan gaya magnet masih terpisah, kemudian disatukan oleh maxwell
penyatuan interaksi gaya lemah dan elektromagnetik telah dilakukan oleh  Abdus Salam, Sheldon Glashow, dan Steven Weinberg (mereka dianugrahi Nobel Prize in Physics 1979)

nah kalo gaya gravitasi dan gaya listrik? sampai saat ini masih berbeda

~ oleh walady99 pada Oktober 20, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: